16 May 2007

Sebungkus Rokok VS Sekaleng Susu



Ah... aku tidak bisa melepaskan rokok dari mulutku walau untuk satu hari, apakah ada yang salah dengan itu....? soalnya saat ini sudah terlalu banyak yang bilang dan membikin pengumuman bahkan lewat demo segala tentang bahayanya rokok, ya ini lah itu lah.... tapi apapun itu belum bisa menghentikan kebiasaanku satu ini, apa karena rokok disamping candu juga benar-benar bisa dijadikan pelarian atau penghalau stres dan depresi seperti kata orang...? gak tau lah...! yang jelas dalam beberapa kondisi aku merasa nyaman dengan rokok, seperti ketika kumpul-kumpul bareng teman-teman, ketemu orang yang baru kenal dan dia juga merokok, kerja sampai larut malam, baca buku dll lah pokoknya, dan beberapa kondisi yang perlu konsentrasi...... aku tidak bisa melepaskan rokok dari mulutku wah....!

Sering juga sih di kritik sama teman-teman yang gak ngrokok, “Kamu koq ngrokok terus, nggak berhenti-berhenti...!, boros, bahaya bagi kesehatanmu bla...bla...bla...” aku sih gak terlalu peduli.... apalagi setelah baca bahwa rokok punya mukjizat seperti di tulis omith di blognya kek...kek...kek... lucu juga....!, tapi memang kenyataan begitu, beberapa orang pernah cerita bagaimana rasanya berhenti ngrokok....! ada yang kemudian sakit kepala terus-terusan sehingga harus rutin minum obat, akhirnya dia bilang, “wah dari pada uang saya habis beli obat sakit kepala, mending buat beli rokok....!” akhirnya ngrokok lagi dia... memang kondisi seperti ini nggak dialami semua orang, aku sendiri belum pernah benar-benar mencoba berhenti, jadi belum tau rasanya seperti apa.

Ada satu perkataan menarik dari temenku perihal rokok-merokok, dia pernah bilang : “Dari pada beli rokok sebungkus sampai Rp. 7000,- mending beli susu sekaleng paling Rp. 5000,- enak, sehat, bikin gemuk, biar badanmu gemukan dikit gak kurus kering kayak ginih.....!” wah perkataan dan penyelesaian yang menarik, Rokok Vs Susu, kira-kira mana yang menang ya...? apa bener kalo tiap hari minum susu sekaleng yang Rp. 5000,- bikin badanku sehat dan gemuk...?

Akhirnya coba-coba beli susu sekaleng, ternyata cuma 4.500, pertama-tama sih enak, biasa aja... lama-lama koq bosannya, terlalu banyak yang harus dikerjakan, masak air, nuangkan susu kegelas harus ditunggu sampai cocok dosisnya dengan gelas, ngaduk, nyimpen kaleng biar gak di masukin semut, itu rutinitas yang harus dilakukan ketika minum susu. Kalo seperti ini sekali-kali si ok, tapi kalo setiap hari harus begini wah...! trus kalo mo dibandingkan dengan sebungkus rokok brarti sehari habis sekaleng dong...! tambah wah lagi...!, jelas kalo diliat praktisnya jauh antara merokok dan minum susu, ngrokok kan tinggal nyediakan rokok dan korek api, tidak lebih...! bisa dibawa kemana-mana tinggal masukin kantong, ato mo bawa susu kemana-mana...? walahwalah...!

Kenapa minum susu terasa membosankan, karena aku tidak terbiasa minum susu, nggak enak lebih enak kopi atau teh....! mungkin itu ja alasannya, sulitnya lagi ketika harus jaga agar aman dari gangguan semut, tambah ribet lagi, pake susu bubuk, harus beli gula lagi, tambah gak praktis. Minum susu rutinitas yang membosankan jauh ndak seperti ngrokok yang nggak bosen-bosen.

Beberapa perbedaan yang saya amati antara rokok dan susu dari kemasan dllnya....(rokok yang bisa saya rokok, dan susu yang saya minum) :

Peringatan
Rokok
Merokok dapat Menyebabkan Kangker, Serangan Jantung, Impotensi dan Gangguan Kehamilan dan Janin
Susu
Attaintion ! Not Rekomended for Baby
Perhatikan ! Tidak Cocok untuk Bayi
Kandungan
Rokok 15 MG TAR, 1 MG Nicotine
Susu - Vitamin A 22 %
- Vitamin B1 19 %
- Vitamin D3 23 %
- Kalsium 15 %
- Zat Besi 2 %.
Indikasi
Rokok
LA Light dibuat secara “Triple Blended”. Yaitu 3x proses, untuk memperoleh campuran rembakau dan cengkeh yang lebih halus dan rata di setiap batang rokok
Susu
Susu kental manis Indomilk bergizi dan diperkaya vitamin A, B1 dan D3, Dapat diminum ataupun dicampur dengan makanan/minuman lain dan bermanfaat untuk keleng kapan gizi.
Promo di kemasan
Rokok Triple Blended, Lebih Halus, lebih enjoy
Susu Enriched with Vitamin A, B1, D3
Tag Iklan
Rokok LA Enjoy Aja....!
Susu Indomilk …..! (gak tau, apaya …?..)

Kalo diliat dari atas, minum susu sepertinya lebih sehat ya...! tapi ngrokok...? enjoy aja lah....!

ah... Sebungkus rokok kembali menemaniku
malam ini ditengah sunyi
tak ada yang terasa
tak ada yang dapat kurasa
hanya hembus angin
dan asap yang terus membumbung entah
aku kan hanya seonggok kecil daging dipenuhi tulang
tidak ada untungnyakah untuk sekedar dipedulikan

8 comments:

Anonymous said...

halahh.. sampeyan kok iklan rokok sama susu to mas?

Tari Mokui said...

yang pasti rokok tuh lebih mahal dari susu kental manis...^_^

Anonymous said...

walah walah mas mas kha kok malah dodolan rokok lan susu tapi satu hal yang pasti ada susu yang paling enak, paling yahud, paling mahal, paling bergizi, kok gak ditampilingambar asal air susu *he....he........(kabur.........)*
ah..... entahlah...............

Anonymous said...

assalamualaikum, salam kenal!

kalo sampeyan ga terganggu dg rokok, apa sampeyan ga sedikit perhatian sama org yg kebetulan menghisap asap rokoknya? iya kl org itu ga alergi asap, kl tnyata sensitif terhadap asap... apa bukan mendholimi itu namanya?

saya selalu mau pingsan kl kebetulan terkena asap rokok, tersiksa bgt..

Anonymous said...

mbahatmo >> iklan ya.... mana sini bayaran untuk saya....????
tari >> makanya ituh......!!!
zaki >> walahwalah... parah...
lady >> ada beberapa kondisi yang dimana saya tidak akan merokok, salah satunya ketika ada orang-orang seperti sampeyan...itu...! saya sih tetap mencoba toleran itu saja...

Anonymous said...

ngerokok juga gpp, cz gue juga perokok.. minum susu mah udah biasa.. tapi blum tentu loh banyak minum susu bisa gemuk.. kek...ke.. :d

Montepedia said...

Gggg

Montepedia said...

Gggg