25 May 2007

Pemimpin…..

Pernahkah anda membayangkan atau bahkan merasakan diri anda duduk di kursi kehormatan sebagai entah itu presiden, kyai, pemimpin perusahaan, kepala sekolah, kepala desa, ketua RT, atau hanya sekedar ketua sebuah organisasi kecil ? Apa ya yang kira-kira anda rasakan dan anda alami ? ah… aku sih tidak pernah membayangkan itu…!

Yang jelas pasti semuanya tentang “mengatur” dan mengorganisasikan orang agar semua orang memiliki visi, misi dan tujuan yang sama bagi kelangsungan hidup dan perkembangan institusi yang di pimpin. Ah… menata orang adalah hal yang sangat sulit. Manusia dengan segala watak dan kepribadiannya harus di satukan dalam satu semangat dan visi, misi bersama, alangkah sulitnya.


Banyak juga sih orang yang memang sejak di lahirkan memiliki bakat mengatur, menempatkan dan memotifasi orang agar bisa bersatu, tapi seberapa banyak ? sepertinya tidak sebanding dengan orang yang tidak memilikinya ! Ada yang hanya memiliki bakat untuk diatur, diarahkan, ada yang suka menerobos batas, macam-macam pokoknya lah, bingung aku.

Peminpin….pemimpin…
Pertanyaan intinya, bagaimana sih menjadi pemimpin yang baik itu ? (yang bijak mas…!)
Ya pemimpin yang bijak itu seperti apa ?

Ada yang bilang pemimpin itu harus :

  1. amanah
  2. jujur
  3. mempunyai visi dan misi yang bagus
  4. bisa bekerja sama dan komunikatif
  5. memiliki energi dan semangat yang besar untuk melakukan perubahan menuju keadaan yang lebih baik
  6. menganggap bawahan sebagai mitra kerja, bukan sebagai budak
  7. menerima masukan dan ide dari orang lain, termasuk bawahan
  8. bisa memotifasi orang lain, terutama bawahan
  9. rendah hati
  10. memiliki rasa tanggung jawab yang besar

Pertanyaan lanjutan, bisakah kreteria seperti ini di miliki ?, kalo pemimpin lambaga pendidikan, LSM, pemimpin yang tercipta karena kepercayaan masyarakat, dan semua yang tidak berhubungan dengan bisnis dan politik, sepertinya bisa yah...! tapi kalo bicara pemimpin apapun yang orientasinya bisnis apalagi politik koq sepertinya susah.....! liat saja, DPR, ketua partai, bupati, mentri, bupati dll, yang kerja bukan untuk rakyat, yang milih rakyat tapi orientasinya memperkaya diri dan kelangsungan hidup partainya.... waduh...! yah gak semuanya sih...! cuma kalo liat-liat berita yang ada di mana-mana, koq sepertinya yang seperti ini lebih banyak ya...!


“I am worried about my future, what must I do for facing that…!
I have to study hard, it’s really! But, what must I mastering in?”

"Manusia memang selalu memikirkan diri sendiri, that’s true…! As like me….!”

baca lag ah...!

3 comments:

mel@ said...

eh... kok agak2 nyindir aku ya...
hehehe.... :D

Seseorang Yang Bodoh said...

Ah Goes Syafi' biasa aja jangan sebut nama saya yang jelas satu itu saja.
k'lo masalah pemimpin gampang aja . kita kan di indonesia tenang aja asal kaya, pandai bohong, pinter curi kesempatan pasti bisa.
*kita yang pesimis ataukah emang itu kenyataan8
entahlah...................

Unknown said...

makasih ya mas udah komen di Blog ku. keduluan nih... tapi dijamin aku ga marah2 kok dikomen apa aja... (walah, dari zaki diatas baru tahu kalo namanya Bagus Syafi')

Mas, apa yang dimaksud dengan bupati (yang pertama dari dua Bupati) itu Presiden ya Mas?

1. Sebelum Menteri biasanya Presiden.
2. Di Republik BBM kan Presiden juga termasuk yang memenuhi syarat kalimat selanjutnya: Kerja bukan untuk rakyat, yang memilih rakyat tapi orientasinya memperkaya diri dan kelangsungan hidup partainya...

walah walah, tapi bukan di Indonesia lho, ini di negara tetangga Republik BBM...