22 May 2007

Bohong, Sumber segala Kejahatan.....?????

Cerita menarik dari Muhammad SAW, pada masa-masa awal Islam...! Ketika itu beliau didatangi seseorang yang ingin masuk Islam, kemudian setelah yakin dan mengucapkan dua kalimat syahadat sebagai syarat masuk Islam, orang tadi berkata:

“Ya Rosul, judi, zina, mabuk, mencuri, adalah sebagian dari kebiasaan-kebiasaan buruk saya, dan saya sepertinya tidak akan bisa meninggalkan kebiasaan-kebiasaan itu”.

Rosul kemudian menjawab :
“Saya hanya minta satu hal, berjanjilah untuk tidak pernah berbohong....!”.

Permintaan yang sungguh mudah, begitu juga menurut orang tadi, bayangkan, dia tidak disuruh meninggalkan perbuatan-perbuatan buruknya, dia cukup tidak berbohong, ah mudahkan...?. Sehingga tanpa ragu dia menerimanya dengan senang hati..
Kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan, suatu ketika dia akan mencuri, seketika itulah dia teringat akan janjinya,

“Kalau saya mencuri, kemudian Rosul bertanya, saya akan menjawab apa..? kalau saya jawab “Ya”, saya pasti di hukum, kalau saya jawab “Tidak”, berarti saya sudah brbohong.....!”

Akhirnya dia tidak jadi mencuri, selalu begitu setiap kali dia ingin melakukan kebiasaan-kebiasaan buruknya. Sehingga tanpa terasa dia bisa meninggalkan semua kebiasaan buruknya.

Ah.... bohong ternyata sumber segala kejahatan, bohong pada orang lain, pada publik, pada diri sendiri, pada Tuhannya. Padahal kadang untuk berbohong kita tidak perlu berpikir lagi, entah karena sudah kebiasaan atau bahkan menjadi karakter kita. Kenapa berbohong begitu mudah kita lakukan ya...??? kalau pengalaman saya sih...! berbohong bisa menyelamatkan kita dari segala hal, ketika ada yang mau pinjam uang trus kita nggak mau ngasih...! tinggak bohong aja “Nggak punya.......!” beres..!, masa-masa sekolah dulu, ketika nggak ngerjakan pr, “Sungguh, sudah saya kerjakan tapi buku saya ketinggalan pak...!”, dan banyak lagi, meskipun kadang hukuman tetap ditimpakan, tapi paling tidak ada rasa aman karena punya alasan....!.

Attantion.....! kebiasaan berbohong bisa muncul karena orang tua yang terlalu sering memarahi anaknya, maka biasanya ada kecenderungan anak untuk mudah berbohong, kenapa...? ya biar tidak di marahi orang tuanya, jadi yang sudah punya anak, hati-hati....!

No comments: