27 February 2008

Ngegame...Sholat....Ngegame... Halah...Ketinggalan...!



“Sholat... dah sore......!”
“Tunggu....! tanggung.....!”

beberapa saat berlalu, saya masih sibuk maen, sedang seru-serunya.

“Sholat... dah hampir maghrib...”
“Hmmmm.......!”

masih tetep serius maen.

.................................................................................
....... Allohu akbar Allaaaaaaaaaaaaaahu akbar........
.................................................................................

“Eh maghrib ya...........!?!??”
“Walah belum sholat ashar..” *Grubak..grubak....!

Sholat ashar campur maghrib, ah... saya memang sering lalai melakuka kewajiban yang satu ini, entah gara-gara sibuk kerja, sibuk ngobrol, sibuk maen dll. Padahal sholat kan ibadah yang wajib yah...!, bahkan katanya ianya di hisab pertama sebelum amal yang laen....!

Saya memang selalu mencoba menyakinkan diri saya bahwa sholat bukan sekedar ritual rutin yang tanpa nilai. Tapi dalam praktek keseharian saya, tidak tercermin seperti itu, saya lebih sering seperti menganggap bahwa sholat hanya sekedar ritual yang harus rutin dilakukan ketika adzan terdengan, ritual yang kadang membosankan, ritual yang otomatis dilakukan bahkan mungkin tanpa kesadaran sedang melakukan apa. Cermin itu bisa diliat ketika sibuk kerja, maen game dll kadang lupa waktu sehinga sholatpun ketinggalan, nggak ketinggalanpun, yang saya kerjakan sebelumnya dengan amat serius biasanya terbawa dalam pikiran ataupun irama sholat saya. Jadi kalo begini (melanjutkan tulisan saya sbelumnya), sepertinya yang butuh sholat bukan saya yah....?.

Saya kemudian baca ayat al-Qur'an :

“sesungguhnya Sholat itu mencegah perbuatan jahat dan keji”

penafsiran dari ayat ini, bahwa sholat bisa mencegak pelakuknya untuk berbuat jelek, jahat, keji -pokoknya perbuatan buruk-, ini ayat yang jelas sekali.

Membaca ayat ini sahabat saya bertanya

“Indonesia ini kan negara yang mauyoritas menduduknya muslim...?”
“Ya....!”
“Yang jelas mereka banyak yang sholat....!”
“Ya....!”
“Tapi kenapa korupsi merajalela, kenapa banyak orang yang di dholimi....?, harusnya kalau banyak orang Islamnya, kalau banyak yang sholat, negara harus lebih aman dong.....!”
“Hmm......????”

Dari yang pernah saya dengar dan saya baca, bukan ayatnya dan bukan sholatnya yang salah, yang salah adalah karena kita seringkali sholat tanpa kesadaran sedang apa, ya... seperti yang sering terjadi pada saya, melakukan sesuatu tanpa kesadaran ya seperti nglindur.

Saya kemudiaan berfikir, seandainya ketika sholat saya benar-benar sadar bahwa saya sedang menghadap Tuhan, sedang mencoba mendekati-Nya, sedang mengagungkan-Nya, kemudian setelah sholat, saya bisa mengevaluasi apa saja yang sudah saya lakukan pada hari itu.......! dan bersyukur atas nikmat-Nya, mohon ampun atas kesalahan yang sudah saya lakukan. Berfikir, apa yang sudah saya lakukan untuk orang, apa saya berbuat jahat pada orang lain, apa yang sudah saya lakukan untuk lingkungan, apa rencana saya setelah ini terutama untuk perbuatan baik dll-dll.

“Wah nggak ada waktu mas......kelamaan....!!”

Iya ya.... game saya juga masih dalam kondisi “PAUSE” yang menunggu dilanjutkan, jadi gimana iniiiiiiiiii..............!


2 comments:

Anonymous said...

Oalah Entahlah gus, lha kok ono sing koyo ngon, yo pokok'e gak ajak ajak aku

k o p r e m said...

ha..ha..ha..ternyata hobi kita sama...PRO EVOLUTION SOCCER mania ya? kapan ngegame brg ? walah tenan...